Print
PDF

PU Mulai Bangun Tol Cisumdawu

JAKARTA– Seputar Indonesia (17/11/2012) : Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mulai menggarap ruas jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau (Cisumdawu), dengan ditandai peletakan batu pertama atau biasa disebut groundbreaking oleh Direktorat Jenderal Bina Marga.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto mengatakan, peletakan batu pertama ruas tol Cisumdawu, menyusul telah ditandatanganinya pinjaman luar negeri untuk konstruksi proyek tersebut. Saat ini Kementerian PU tengah menyiapkan syarat-syarat administrasi untuk penerbitan surat perintah mulai kerja (SPMK) proyek senilai Rp5 triliun tersebut. “Pinjaman ini untuk pembangunan tol seksi satu.

SPMK akan diterbitkan pekan besok, dilanjutkan langsung dengan peletakan batu pertama untuk memulai konstruksi,” katanya kepada media di Jakarta,kemarin. Djoko mengatakan, pembangunan konstruksi proyek akan digarap oleh kontraktor joint operation antara Shanghai Corporation Construction Group join operation PT Waskita Karya dan PT Wijaya Karya, yang telah diteken awal Desember 2011.

“Untuk pembangunan konstruksi seksi dua, masih menunggu pencairan pinjaman berikutnya. Diharapkan, penandatanganan tahap selanjutnya bisa dilaksanakan pada tahun depan,” tambahnya. Terkait pembebasan tanah, sampai saat ini sudah lebih dari 55%, dan ditargetkan prosesnya bisa rampung tahun depan atau paling lambat tahun 2014.

Kepala Biro Perencanaan dan Pinjaman Luar Negeri Kementerian PU Taufik Widjoyono mengatakan, kesepakatan pinjaman luar negeri untuk proyek Cisumdawu telah diteken sejak 12 November 2012 lalu. Adapun, nilai pinjamannya mencapai USD92,99 juta untuk seksi pertama dari Pemerintah China. Dia mengatakan, seharusnya pencairan dana pinjaman untuk pembangunan proyek tol Cisumdawu cair per September 2012.

Namun, terjadi penundaan karena Bank Ekspor Impor China menyatakan ada urusan dengan pemerintahnya yang menghambat pencairan pinjaman tersebut.“Sekarang sudah cair, dan sisanya akan dicairkan secara bertahap. Sesuai dengan progres rencana pembangunannya juga. Saya harap bisa secepatnya,” ujarnya. Ruas tol Cisumdawu adalah salah satu ruas tol bagian dari jaringan tol Trans-Jawa, dengan panjang 58,35 kilometer (km) dengan kebutuhan anggaran sekitar Rp 5 triliun.

Konstruksi jalan tol ini rencananya akan dibagi dalam enam seksi yaitu seksi I Cileunyi– Tanjungsari sepanjang 9,80 km, seksi II Tanjungsari– Sumedang sepanjang 17,51 km, seksi III Sumedang-Cimalaka 3,73 km, seksi IV Cimalaka- Legok 6,96 km, seksi V Legok-Ujungjaya 16,35 km, dan seksi VI Ujungjaya-Kertajati sepanjang 4,00 km. heru febrianto

Sumber Gambar : http://www.bkprn.org/depan.php?cat=3&&id=192